Jumat, 08 Maret 2013

MENGENALI SELUK BELUK BUDIDAYA CABE


Cabai merah merupakan salah satu jenis sayuran yang memilki nilai ekonomi yang tinggi. Cabai mengandung berbagai macam senyawa yang berguna bagi kesehatan.  Cabai (Capsicum annum L) merupakan salah satu komoditas sayuran yang banyak dibudidayakan oleh petani di Indonesia karena memiliki harga jual yang tinggi  dan memiliki beberapa manfaat kesehatan yang salah satunya adalah zat capsaicin yang berfungsi dalam mengendalikan penyakit kanker. Budidaya tanaman cabai diperbanyak melalui biji yang ditanam dari tanaman yang sehat serta bebas dari hama dan penyakit . Cabai atau lombok merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Pada bahasan berikut akan dibahas budidaya cabai merah di lahan kering dataran rendah.

Cabai mengandung antioksidan yang berfungsi untuk menjaga tubuh dari serangan radikal bebas.Cabai juga mengandung Lasparaginase dan Capsaicin yang berperan sebagai zat anti kanker Cabai banyak mengandung vitamin A danvitamin C serta mengandung minyak atsiri capsaicin, yang menyebabkan rasa pedas dan memberikan kehangatan panas bila digunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur). Tanaman cabe cocok ditanam pada tanah yang kaya humus, gembur dan sarang serta tidak tergenang air; pH tanah yang ideal sekitar 5 – 6. Waktu tanam yang baik untuk lahan kering adalah pada akhir musim hujan (Maret – April).

Karakteristik Lokasi Budidaya cabai merah
·         Ketinggian tempat (0-700 m dpl)
·         Pengairan  budidaya cabai merah harus selalu diperhatikan, karena  air  merupakan  faktor  vital  bagi  tanaman cabai.
·         Jenis tanah bertekstur remah, gembur tidak terlalu liat dan tidak terlalu poros serta kaya bahan organik.
·         Kedalaman lapisan olah 30 – 40 cm.
·         Kemasaman   tanah   (pH)   ideal   6-7,   kurang   dari   angka   ini   perlu   dilakukan  pengapuran. Biasanya pada pH masam akan berkembang penyakit cendawan Rhizoctonia sp dan Phytium sp
·         Suhu yang paling ideal untuk  pertumbuhan budidaya cabai merah adalah 24-28 0C

JENIS PUPUK
·         Pupuk yang digunakan yaitu ZA 560 kg/ha, Urea  240 kg/ha, SP-36   480 kg/ha,KCL    320 kg/ha Borat   16 kg/ha,  Curater  16 kg/ha
·         Pupuk Susulan  NPK (15 : 15 : 15) 250 kg/ha
·         Pupuk kandang ayam 20 ton /ha

LAHAN
Lahan yang  digunakan dalam budidaya ini adalah lahan kering /tegalan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar